BKPRMI Gelar Wisuda Akbar Se-Sulsel di Lapangan Merdeka Watampone

Watampone, Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Sulawesi Selatan menggelar kegiatan wisuda akbar tingkat wilayah di Kabupaten Bone yang digelar di Lapangan Merdeka Watampone pada Minggu (23/8/2015).

Prosesi Wisuda Akbar tersebut diikuti 1.810 santri yang berasal dari 13 kab/kota di sulsel serta 9 kecamatan se-kabupaten Bone. Kegiatan Wisuda akbar ini dihadiri oleh Ibu Wakil Gubernur, Dr.Hj.Majdah Agus Arifin Nu’mang selaku Pembina BKPRMI dan Tokoh gerakan Pendidikan Al-Qur’an Sulawesi Selatan. Hadir pula Wakil Bupati Bone Drs.H.Ambo Dalle,M.M., serta para pejabat Muspida Kabupaten Bone.

Watampone, Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Sulawesi Selatan menggelar kegiatan wisuda akbar tingkat wilayah di Kabupaten Bone yang digelar di Lapangan Merdeka Watampone pada Minggu (23/8/2015).

Prosesi Wisuda Akbar tersebut diikuti 1.810 santri TK/TP Al-Quran,LPPTK( Lembaga Pembinaan dan Pengembangan TK Al Qur'an) yang berasal dari 13 kab/kota di sulsel serta 9 kecamatan se-kabupaten Bone. Kegiatan Wisuda akbar ini dihadiri oleh Ibu Wakil Gubernur, Dr.Hj.Majdah Agus Arifin Nu’mang selaku Pembina BKPRMI dan Tokoh gerakan Pendidikan Al-Qur’an Sulawesi Selatan. Hadir pula Wakil Bupati Bone Drs.H.Ambo Dalle,M.M., serta para pejabat Muspida Kabupaten Bone.

Menurut Amruddin Ambo Enre Pengurus BKPRMI Sulsel Wisuda ini menjadi ajang silaturahim antar pengelolah TK/TPA se-sulawesi selatan dan media evaluasi proses pembelajaran Al-Qur’an bagi Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Sulawesi Selatan.

Sebelum pelaksanaan wisuda terlebih dahulu diadakan lomba munaqasyah santri (21-22/08/15) yang memperlombakan 4 jenis lomba yakni, Musabaqah Tartil Qur’an (MTQ), Praktik Wudhu, Adzan/Iqomah dan Sholat, Hafalan Surah Pendek dan Ayat Pilihan serta Pildacil.

Tartil Qur'an adalah membaca Qura'an secara perlahan-lahan dan tidak tergesa-gesa. Diantaranya, memperhatikan potongan ayat, permulaan dan kesempurnaan makna, sehingga seorang pembaca akan berpikir terhadap apa yang sedang ia baca.

Dari berbagai lomba tersebut, Kabupaten Sinjai menjadi juara umum setelah 3 orang santrinya merebut juara pertama pada lomba Adzan/Iqamah dan Sholat (Putra & Putri) serta Pildacil kategori putra. Juara umum II direbut Kabupaten Bone dan Kabupaten Pinrang juara III.

Pada kesempatan itu juga Prof. Arifuddin Ahmad, selaku ketua umum BKPRMI, menjelaskan program BKPRMI Sulsel dalam merintis pembangunan Baitul Qur’am sebagai pusat pemberdayaan gerakan TK/TPA serta beberapa program unggulan BKPRMI. Selanjutnya kegiatan wisuda akbar tingkat wilayah ini akan dilaksanakan setiap sekali dalam setahun teermasuk pra kondisi menghadapi Festival Anak Sholeh Indonesia (FASI).

Ibu Dr.Majdah dalam sambutannya mengharapkan pendidikan Al Qur’an dapat berjalan secara berkesinambungan dan BKPRMI menjadi ujung tombak di dalamnya perlu dukungan Pemda setempat.

Kegiatan Wisuda yang dilaksanakan di Lapangan Merdeka Watampone ini disaksikan oleh ribuan Warga Bone serta warga dari luar kabupaten Bone. Inilah salah satu mamfaat Lapangan Merdeka Watampone bukan sekadar seremonial tetapi juga sebagai tempat melaksanakan event berskala provinsi bahkan bertaraf nasional nantinya.  Buktinya Lapangan Merdeka Watampone terpilih sebagai tempat penyelenggaraan Wisuda ribuan Santri yang diselenggarakan oleh Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Sulawesi Selatan. (Bone.go.id)
Diberdayakan oleh Blogger.