Teka-Teki Pilkada Bone, Yang Muda Atau Yang Tua ?

BONETERKINI.COM ,- Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Bone masih akan diselenggarakan tahun 2018 mendatang, namun suhu politik di daerah ini sudah mulai terasa mengalami kenaikan, para calon yang digadang-gadang akan maju bertarung sudah mulai melakukan pergerakan memikat hati rakyat.

Sejumlah besar kandidat politisi muda mulai datang berduyun-duyun memperkenalkan diri mereka disejumlah parpol dengan tujuan untuk terjun bebas pada arena "duel politik" guna memperebutkan kursi empuk nomor 1 dan nomor 2 di Bone ini, sebut saja Andi Singkeru Rukka seorang tokoh muda potensial yang dimiliki Bone saat ini yang merupakan tokoh pendidik di Gorontalo saat ini siap untuk turut bertarung beralih karir kedunia politik dan Andi Irwandi Natsir yang merupakan legislator Provinsi Sulsel yang keduanya sudah memproklamirkan diri untuk maju bertarung, dan yang tak ketinggalan juga nama Andi Yuslim Pattawari dikabarkan akan kembali bertarung di Bone, mantan pasangan Irsan Idris Galigo pada pertarungan pilkada lalu juga menyatakan untuk maju di Bone.

Pimpinan Wilayah Pemuda Muslimin Indonesia Provinsi Sulawesi Selatan (PW Pemuda Muslim Sulsel) memberikan apresiasi positif atas munculnya beberapa nama anak muda yang menyatakan niatnya untuk maju di Pilkada Bone 2018 mendatang.

"Anak muda selalu menjanjikan kebaruan ide, kejernihan pemikiran dan ketulusan niat untuk kesejahteraan rakyat. Yang lebih penting, mereka relatif masih terbebas dari belenggu masa lalu," ujarnya Rabu 15/3/2017

Bukan itu saja, politisi senior, pengusaha sukses, pensiunan PNS dan bahkan PNS aktif juga diprediksi akan turut aktif dalam melakukan manufer politiknya. Salah satu nama seperti Andi Asrul, pengusaha tambang di pulau Borneo disebut-disebut sebagai salah satu kandidat "kuda hitam" yang kehadiranya dalam kompetisi Pilkada mendatang diprediksi mampu menggetarkan posisi rival politiknya.

Tidak tanggung-tanggung Andi Asrul yang merupakan tokoh berbasis di Bone bagian selatan ini sudah merayap memasuki wilayah Bone bagian utara, terbukti dengan sosialiasi dan kerap muncul acara-acara masyarakat mengindikasikan keseriusan Andi Asrul untuk ambil bagian pada pilkada mendatang.

Selain itu ada patahanna, A. Fahsar M. Padjalangi, sosok yang sudah tidak asing lagi dikalangan luas masyarakat Bone, politisi senior Partai Golkar ini tidak diragukan lagi kapasitas dan kapabilitas  yang dimiliki, A. Fahsar dikenal kampiun dalam urusan politik hal ini dibuktikan sejumlah besar komunitas masyarakat masih sangat kuat mendukungnya. Pasangan yang baru-baru meminang H. Ambo Dalle sebagai wakilnya masih memiliki barisan yang militan dan rapi.

Namun dipenghujung kepemimpinannya, sosok yang dikenal dengan Paketnya Tafaddal kembali dironrong oleh masyarakat, kali ini kritikan itu datang dari Ketua Dewan Penasehat IPMP Lamappatunru, Muhammad Takbir mengatakan bahwa popularitas Taffaddal sampai saat ini memang masih yang terbaik namun jika dilihat dari kinerja pemerintah sampai saat ini, sudah memunculkan keluhan-keluhan dari janji politik yang telah diemban 4 tahun zilam belum sepenuhnya terealisasi dimata masyarakat.

"masyarakat rindu akan akan janji politik yang masih belum dirasakan, masih dinantikan," ungkap Pria yang pernah membesarkan Sapma Pemuda Pancasila Bone ini.

Lanjut Takbir, kebijakan yang juga kerap menuai sorotan yaitu tidak meratanya pembangunan yang didominasi diwilayah perkotaan saja yang menimbulkan banyak kritikan dan pertanyaan.
"Pembangunan oleh pasangan ini difokuskan dikota yang menuai sorotan diantaranya renovasi lapangan merdeka dan taman bunga, prmbangunan tugu lagecong da perhatian yang minim terhadap genangan air yang terjadi disetiap hujan dikota Watamponr," kunci Takbir.

Satu lagi tokoh yang juga sentral takkalah menarik untuk dikupas, Andi Mappamadeng Dewan yang juga politisi PDIP Kabupaten Bone yang pada pertarungan Pilkada lalu menelan pil pahit setelah taklut dari rivalnya A. Fahsar. Namun, kali ini dia come back dan bahkan pada pemberitaan dibeberapa media dirinya juga pernah menyatakan diri untuk maju bertarung dipilkada Bone, selain itu tokoh yang populer di Bone bagian selatan ini juga masih memiliki basis yang militan dan tertata rapi.

Para politisi yang digadang-gadang akan menantang patahanna ini tidak bisa dipandang remeh, mereka disinyalir mampu membuyarkan konsentrasi masyarakat luas Kabupaten Bone.

Demikian kiranya selayang pandang tentang sosok siapakan pemimpin masa depan Bone, namun siapapun kelak pemimpinya yang terpilih, masyarakat Bone tentu berharap bahwa pemimpin mereka selalu berpihak kepada rakyat.

Penulis  : Supardi
Editor   : admin boneterkini.com

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.