Andi Rio Padjalangi Gelar Diskusi Publik di Bone Tentang Medsos

Andi Rio Padjalangi Gelar Diskusi Publik di Bone Tentang Medsos

Sabtu, 14 Oktober 2017,


BONETERKINI.COM.BONE,--Agar informasi yang dibagikan bukan berita bohong atau hoax. Oleh karenanya, generasi muda yang merupakan pengguna terbesar medsos harus memiliki kemampuan literasi untuk melawan pengaruh negatif internet.

Hal tesebut menjadi pembahasan hangat dalam diskusi publik "Generasi Mienial, Smart dan Beradab dalam Bermedsos", Sabtu (14/10/2017) di Kecamatan Kahu Kabupaten Bone.

Dalam diskusi tersebut hadir sebagai narasumber Andi Rio Padjalangi, Anggota DPR RI komisi I,Helmi Halid dari Direktorat Informasi dan Komunikasi Publik Kominfo RI, Zainal dari akademisi.

"Kita harus memiliki kemampuan literasi media yang baik untuk melawan pengaruh negatif, termasuk menggunakan media sosial" kata Andi Rio Padjalangi, didepan seluruh peserta diskusi.

Dia menyebutkan penggunaan media sosial dan digital menjadi bagian yang menyatu dalam kehidupan sehari-hari generasi muda Indonesia.

Apalagi pengguna internet yang banyak merupakan usia antara 10 hingga 34 tahun.

"Untuk itu, generasi muda sangat penting mengetahui bagaimana menyaring informasi internet. Sebab tanpa adanya literasi yang baik, kita akan mudah dijadikan korban kepentingan yang berujung pada kebencian terhadap suku, ras, agama dan kelompok lain," urai Andi Rio.


Sementara itu, Zainal mewakili akademisi, mengatakan dari data Penyedia Jasa Internet jumlah pengguna internet mencapai ratusan juta jiwa pertahunnya.

Jumlah ini terdiri dari berbagai kalangan usia, pendidikan dan sosial yang berbeda.

"Medsos mempunyai dampak negatif dan positif. Untuk dampak negatif ini beragam bentuknya bisa tindakan kriminalitas, mengganggu proses belajar dan lainnya.

Sedangkan dampak positifnya, bagi yang hobi tulis menulis dapat mempublikasikannya lewat blog," pungkasnya.

Penulis : Anugrah
www.boneterkini.com

TerPopuler