Gempa Berkekuatan 3.8 SR Guncang Sinjai

Gempa Berkekuatan 3.8 SR Guncang Sinjai

Selasa, 12 Desember 2017,

BONETERKINI.COM.SINJAI,-- Gempa tektonik mengguncang wilayah Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan Selasa 12/12/2017 Dini hari.

Dari hasil analisis Badan Meteorologi Klimatologi Giofisika (BMKG) Wilayah IV Makassar menunjukkan bahwa gempabumi terjadi pada pukul 01:04:25 Wita dengan kekuatan M=3.8 Skala Richter dengan koordinat episenter 5.24 LS dan 120.21 BT atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 12 km Tenggara Sinjai, pada kedalaman 12 km.

Kepala Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Wilayah IV Makassar A.Fachri Radjab, S.Si, M.Si yang dikonfirmasi membenarkan adanya gempa tersebut, Dia mengatakan Ditinjau dari kedalaman hiposenternya, tampak bahwa gempabumi ini merupakan gempabumi kedalaman dangkal akibat aktivitas Sesar Walanae. 

"Getaran gempabumi diperkirakan dirasakan pada skala I SIG (Skala Intensitas Gempabumi) BMKG atau setara I-II MMI di Sinjai, dan daerah disekitarnya yang berdekatan dengan lokasi sumber gempabumi,"Kata Fachri

Lebih lanjut dia menambahkan pada skala ini digambarkan getaran dirasakan oleh orang banyak tetapi tidak menimbulkan kerusakan benda-benda ringan yang digantung bergoyang, jendela kaca bergetar.

"Berdasarkan informasi masyarakat yang diterima di BMKG, getaran gempabumi dirasakan sangat lemah (I SIG BMKG / I - II MMI) di Sinjai,"Tambahnya.

Terkait dengan peristiwa gempabumi tersebut, masyarakat disekitar lokasi sumber gempabumi dihimbau tetap tenang mengingat gempabumi yang terjadi berkekuatan relatif kecil dan tidak berdampak merusak. (ANG)

www.boneterkini.com

TerPopuler