Begini Cara IPMP LAMAPPATUNRU Jaga Kearifan Lokal


BONETERKINI.COM.WATAMPONE,-- Organisasi Kepemudaan (OKP) Ikatan Pelajar, Mahasiswa dan Pemuda IPMP Lamapattunru Komisariat Lamaddaremmeng Kabupaten bone memiliki cara tersendiri untuk menjaga kearifal lokal.

Komisariat Lamadaremmeng IPMP Lamappatunru ini kunjungi salah satus situs budaya yakni makam raja Bone ke-13 Lamaddaremmeng Matinroe Ri Bukaka dan Raja ke 21 We Batari Toja Daeng Talaga, yang bertempat di Kelurahan Bukaka Kabupaten Bone, Senin, 20/2/2018.


Saat mengunjungi makam raja tersebut, mereka membawa salah seorang budayawan yang mengetahui sejarah dari para raja yakni Andi Ardiman M. Rapi, dengan tujuan mengetahui cerita sejarah dari para raja bone.

"Tujuan dari kegiatan ini agar kami khususnya dari Komisariat Lamaddaremmeng mengetahui sejarah perkembangan dan kemajuan yang di peroleh oleh Raja ke-13 dan Raja ke-21 diamasa keemimpinannya,"Kata Wahyu Ketua Komisariat Lamaddaremmeng

Sementara kepala bidang ilmu dan budaya Kom. Lamaddaremmeng Agus mengatakan selain kegiatan ini bertujuan mengetahui sejarah, kegiatan ini juga bertujuan mempererat tali silaturahmi sesama kader.

"Kegiatan ini juga bertujuan bagaimana agar kita sebagai pemuda bone dapat menjaga Ade, Pengadereng yang hari ini sudah mulai luntur, kalau bukan kita siapa lagi," Tegas Agus.


Sementara Andi Ardiman berpesan kepada seluruh kader bahwa adat harus di sandarkan oleh agama bukan agama yang harus bersandar kepada adat. (ANG)

www.boneterkini.com

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.