Makna KKLP Bagi Mahasiswa Stia Prima Bone


BONETERKINI.COM.WATAMPONE,--Kampus STIA Prima (puang rimagalatung) Bone yang tidak lama lagi akan melepas ratusan Mahasiswa untuk melaksanakan Tridarma Perguruan Tinggi kini mulai sibuk-sibuknya mempersiapkan segala sesuatunya. 

Termasuk melakukan kegiatan Apel pagi dan sore hari di halaman kampus STIA Prima Bone di Jalan Urif Sumohardjo Kelurahan Walennae Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone yang dibimbing oleh Ketua Yayasan DR. H. Andi Cahaya, M.Si serta sejumlah dosen pembimbing yang dimulai sejak 21 Januari 2018 hingga 3 Februari 2018 mendatang.

Menurut Yusri Wahyudi selaku ketua Angkatan STIKES PRIMA Bone, sebelum pelaksanaa Tridarma perguruan tinggi sebelumnya telah dilakukan pembekalan kepada Mahasiswa, dimana dipembekalan tersebut diberikan pemahaman pemahaman baru kepada setiap Mahasiswa.

"kegiatan apel pagi dan sore ini sebagai bentuk melatih dan membiasakan diri kita untuk disiplin,"Ujarnya saat dikonfirmasi Kamis,(1/2/2018)

Sementara menurut Nurul Afni, peserta KKLP STIKES PRIMA Bone mengatakan, Banyak hal yang bisa dipetik dalam proses KKLP mulai dari pembekalan hingga saat ini.

"kita dapat mengetahui hal-hal baru yang sebelumnya kita tidak ketahui.  Apa lagi yg membawa materi langsung dibawakan sama yang ahlinya," Kata Nurul

Lebih lanjut kata nurul, Apel pagi sore itu bisa mengajari kita soal kedisiplinan untuk datang tepat waktu. 
KKLP secara umum banyak yang bisa dipetik mulai dari kerja sama bagaimna kita menyelesaikan masalah secara bersama-sama. "Melatih mental dan membangun kepercayaan diri serta melatih diri untk menjadi pemimpin,"lanjut Nurul.

Sementara menurut Sainal Mukri salah satu Koordinator Desa (kordes) mengatakan KKLPmerupakan bentuk pengambdian terhadap masyarakat dan juga kampus.

"kita bisa mendapatkan pengalaman kepada mahasiswa sendiri tentang bagaimana beradaptasi dengan lingkungan masyarakat," ungkap Sainal 

Hal senada juga dijelaskan Jumiati salah seorang Mahasiswa KKLP Stia Prima Bone, Dia menuturkan 
KKLP merupakah suatu program belajar atau kegiatan di perguruan tinggi yang pada dasarnya harus diikuti oleh seluruh mahasiswa. 

"KKLP bukan sekadar jalan-jalan ataupun juga menghabis-habiskan uang, melainkan memberi manfaat yang sangat besar bagi 

dalam sebuah sistem belajar mengajar yang tidak cukup jika hanya mengandalkan teori saja, akan tetapi juga memerlukan praktek,"Jelas Jumiati

Hal ini bertujuan untuk memperdalam pengetahuan mahasiswa dari materi yang diberikan oleh dosen. Kalau di kampus, mahasiswa terkadang bosan dan kurang mengerti betul bagaimana deskripsi pekerjaan mereka, setelah terjun langsung ke lapangan Mahasiswa bisa paham bahkan menguasai penuh sehingga bisa menjelaskan dengan bahasa mereka sendiri tanpa terpaku pada media. 

"Ingat, teori yang didapat kalau dipelajari dengan cara menghapal bukan tidak mungkin akan cepat lupa. Namun dengan adanya praktik, mahasiswa akan lebih mengingat dan memahaminya dengan baik,"Tambahnya

Dengan adanya KKLP ,Kuliah Kerja Lapangan Plus Mahasiswa diharapkan mendapat pengalaman dalam kerja dan memahami etika kerja yang baik, Kata Aswar selaku kordinator angkatan STIA PRIMA BONE.  (Jumiati/KKLP Stia Prima Bone Kelompok III)

www.boneterkini.com

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.