30 Kerajaan Turut Hadir Dalam Prosesi "Mattompang Arajang" di Bone



BONETERKINI.COM.WATAMPONE,-- Menjelang perayaan Hari Jadi Bone ke-688 Pemerintah kabupaten bone menggelar kegiatan Pra "Mattompang Arajang" di kompleks rumah jabatan Bupati Bone, Senin, 2 April 2018.

Prosesi Pra Mattompang (pencucian benda benda pusaka) ini kerap dilaksanakan setiap tahunnya menjelang perayaan Hari Jadi Bone.



Dalam kegiatan Pra Mattompang ini dihadiri sedikitnya 30  Kerajaan dan datuk sultan serta ketua-ketua pemangku adat se Nusantara yang turut hadir dalam Prosesi tersebut.

PJS Bupati Bone Andi Bakti Haruni mengatakan sangat bangga kepada sejumlah kerajaan dan pemangku adat dan para datuk sultan yang turut hadir.

"Begitu besar penghargaan kepada kami, karena untuk pertama kalinya tuan-tuan yang kami muliakan datang untuk turut serta dalam Prosesi Mattompang Arajang," Kata Andi Bakti



Lebih jauh dia mengatakan, Mattompang Arajang ini hanya sebuah prosesi untuk penghormatan atas kebesaran para leluhur atas apa yang di wariskan kepada masyarakat bone.

Sementara KepalaDInas Kebudayaan Kabupaten Bone Andi Promal Pawi mengatakan pihak kerajaan melakukan pencucian benda pusaka [eninggalan raja bone.

"Benda pusaka yang dibersihkan itu adalahsejumlah keris para raja dan tombak la Salaga milik Arung Palakka serta 7 senjata adat (Allameng Tata Rappeng), Sembangengpulaweng, dan Teddung Pulaweng,"Jelasnya. (ANG)

www.boneterkini.com



Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.