Gandeng Kemominfo RI, Anggota DPR RI Andi Rio Gelar Dialog Penangkal Hoax

Gandeng Kemominfo RI, Anggota DPR RI Andi Rio Gelar Dialog Penangkal Hoax

Sabtu, 09 November 2019,


BONETERKINICOM,WATAMPONE-Kemominfo RI kembali bekerja sama dengan Anggota DPR RI, A.Rio idris Padjalangi, melaksanakan dialog Kegiatan yang mengangkat tema Peran Generasi  Milenial Dalam Menagkal Hoax di era Digital,berlangsung di Aula Grand Arta Hotel, Kecamatan Tanete Riattang Barat, Kota Watampone, Sabtu (9/11/2019).

Dalam sambutannya membuka kegiatan A.Rio idris Panjalangi menyampaikan bagaimana kita menangkal hoax yang cukup menjadi isu dalam perkembangan teknologi ini,bagaimana peran generasi milenial ini menyikapi perkembangan hoax yang menjadi penomena saat ini,bagaimana kita menangkal hoax secara bersama - sama,Ungkapnya.



Hadir pembicara anggota DPR RI A Rio Idris Padjalangi, Staf ahli Menteri Bidang Komunikasi dan Media Massa Bakti Kominfo Gun gun Siswadi, pemuda milenial content creator Muh Rijal Djamal.

Menggeliatnya arus tekhnologi ibarat dua mata pisau, di satu sisi memiliki segi yang positif dan di sisi lain dapat melukai kita sendiri. Generasi muda berperan sangat penting dalam perkembangan tekhnologi dan media sosial. Hal ini karena kehidupan mereka yang seakan tidak pernah bisa dilepaskan dari pengaruh media sosial. Oleh karena itu generasi muda ini sangat potensial untuk dipengaruhi oleh berita hoax. Pada akhir-akhir ini kita sebagai masyarakat Indonesia tidak asing dengan istilah berita “ Hoax “. Berita hoax adalah berita palsu yang sengaja dibuat atau berita - berita yang kurang menyenangkan dimana itu tidak betul kita akan terjebak di dalam nya. Terjebak yang dimaksudkan adalah termakan isu-isu yang sengaja di tuliskan dan disebarkan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.jelasnya



Lanjunya lagi,Generasi muda juga dapat membuat semacam Official Account untuk sarana saling berdiskusi dan berdialektika sesama penggiat media sosial. Hal seperti ini perlahan-lahan juga akan memupuk kesadaran para pemuda untuk tahu mana informasi yang benar dan salah. Cara lain yang dapat dilakukan untuk menangkal hoax adalah dengan cara membuat semacam meme comic, yang mana hal seperti itu mudah untuk diterima kalangan manapun. Meme comic tersebut tentunya harus mengandung konten yang membangun dan positif serta kemudian dapat disebarkan secara luas di media sosial.Jelasnya

Pemerintah sudah secara tegas dalam upaya memberantas Hoax, dari pembuatan UU ITE hingga lembaga semacam Cyber Crime. Maka untuk itu generasi muda harus turut ambil andil dalam mengawal hukum tersebut. Dikarenakan generasi muda ini adalah generasi yang nantinya juga akan memegang tonggak kepemimpinan bangsa di masa depan.(*)

TerPopuler