Bimtek Penguatan SDM Penyiaran Radio Dan Televisi, Ini Harapan Bupati Bone

Bimtek Penguatan SDM Penyiaran Radio Dan Televisi, Ini Harapan Bupati Bone

Kamis, 12 Agustus 2021,

BONETERKINI.COM- Dinas Kominfo melakukan Bimtek mengenai Penguatan Sumber Daya Manusia mengenai Penyiaran Radio dan Televisi Kabupaten Bone.

Kegiatan di adakan diruang Rapat Pimpinan Kantor Bupati Bone, Jl Ahmad Yani, Kecamatan Tanete Riattang Barat, Kota Watampone, Kamis (12 Agustus 2021) hari ini.

Kegiatan Bimtek kali ini dipandu oleh moderator jurnalis Televisi, Bahtiar Parenrengi dengan pemateri Akademisi Universitas Hasanuddim Unhas, Dr Andi Lukman, Pemateri 6 Komisioner Komisi Penyiaran Indonesia Daerah(KPID) Sulawesi Selatan.


Tujuan dari diadakannya kegiatan ini tidak lain untuk mencetak Sumber Daya Manusia (SDM) yang profesional dalam bidang penyiaran.

Hal ini disampaikan oleh Kadis Kominfo dan Persandingan Kabupaten Bone, Amran. M. Si.

"Lembaga penyiaran di Kabupaten Bone harus dapat menjalankan fungsinya sebagai media informasi, pendidikan, hiburan, kontrol, perekat sosial, dan pemersatu bangsa,"kata Andi Amran.

Amran juga menegaskan bahwa dasar hukum pelaksanaan kegiatan ini yaitu UU No.32 Tahun 2002 tentang penyiaran, Peraturan Pemerintah No. 50 tahun 2005 tentang Penyelenggaraan Lembaga Penyiaran Swasta
Peraturan Pemerintah No.52 tahun 2005 tentang Penyelenggaraan Penyiaran Lembaga Penyiaran Berlangganan.

Bupati Bone Dr. H.A. Fahsar M Padjalangi, M.Si membuka kegiatan ini. Dan turut hadir Sekretaris Daerah Bone, Drs. H Andi Islamuddin.


Bupati Bone mengatakan bahwa peran penyiaran kedepan sangatlah penting dalam memberikan edukasi dan informasi serta sebagai kontrol sosial dalam masyarakat.

"Berita dan informasi yang didapatkan dari saluran Radio dan televisi itu sangat bisa dipertanggung jawabkan, dibandingan dengan informasi yang lainnya," kata Bupati Bone.

Ditegaskan pula bahwa pemerintah daerah dalam hal ini sangat mendukung perkembangan penyiaran di Kabupaten Bone dan kami berharap dengan hadirnya KPID sebagai narasumber dapat memberikan pencerahan dan bimbingan bagi pelaku penyiaran.

"Di Bone banyak Radio berkembang tanpa ijin, dan ini perlu mendapatkan pembinaan bagaimana cara prosedur yang benar untuk mendirikan Radio misalnya. Tidak serta merta mematikan Radio dan semangat penyiaran,"tegas Bupati Bone.


Peserta yang hadir dalam kegiatan Bimtek ini yaitu dari pelaku penyiaran Radio dan Televisi di Kabupaten Bone.(imma)

TerPopuler