LAUNCHING INOVASI PENTAHELIX ON TARGET (PEMERINTAH MENGELABORASI KOMUNITAS BERKOORDINASI TERCEGAHNYA THE MARRIAGE OF TEENAGERS/PERKAWINAN ANAK)

LAUNCHING INOVASI PENTAHELIX ON TARGET (PEMERINTAH MENGELABORASI KOMUNITAS BERKOORDINASI TERCEGAHNYA THE MARRIAGE OF TEENAGERS/PERKAWINAN ANAK)

Senin, 27 September 2021,


                                                                             

BONETERKINI. COM--Alasan utama mengangkat tema tersebut karena saat ini karena tingginya kasus pernikahan anak di Kabupaten Bone Sulawesi Selatan. 

Berdasarkan data dari Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak sejak Januari - Agustus 2021 terdapat 33 kasus. Reformer berketetapan bahwa perlu inovasi khusus yang dapat mengubah minset semua lapisan masyarakat tentang bagaimana pentingnya Pendidikan bagi anak-anak dan pentingnya pencegahan perkawinan anak.

Melalui Diklat PKA nya reformer mengangkat inovasi PENTAHELIX ON TARGET (Pemerintah Mengelaborasi Komunitas Berkoordinasi Tercegahnya The Marriage of Teenagers/perkawinan anak.



Dalam inovasi ini ada 4 (empat) aksi yang telah dilakukan, yaitu: 
1. Forum Anak Desa/Kelurahan, Kader Pos Yandu, Kader KPM dan Bidan desa/kelurahan mengumpulkan ibu-ibu hamil/produktif dan anak-anak remaja untuk pembinaan tentang pentingnya Pendidikan (PAUD) dan pencegahan perkawinan anak setelah itu membagikan “Kartu Cita-citaku”

2. Ikatan Remaja Mesjid (IRM), Penyuluh/Penghulu Agama mengadakan tauziyah remaja dan orang tua dengan tema pentingnya pendidikan dan menunda pernikahan diakhiri dengan pembagian “Kartu Cita-citaku”

3. OSIS membuat karya tulis  tentang pentingnya pendidikan/olahraga/seni dan perlunya menunda pernikahan. Hasil karya ditempel di Majalah Dinding Sekolah, setiap anak yang membuat karya tulis mendapatkan “Kartu Cita-citaku;” 

4. PKK Desa/Kelurahan mengumpul orang tua dan anak-anak remaja berdasarkan RT/RW secara bergantian untuk menonton film perkawinan dini/anak setelah selesai diberikan pencerahan oleh ibu PKK tentang pentingnya pendidikan dan pencegahan perkawinan anak.
Dari empat aksi tersebut telah dilaksanakan di Desa Pitumpidange Kecamatan Libureng dan Kelurahan Biru Kecamatan Tanete Riattang.
 


   
Setelah pelaksanaan ke-4 aksi tersebut, reformar melaksanakan lauching inovasi Pentahelix On Target di ruang rapat Bappeda Bone oleh kepala Bappeda Bone pada tanggal 21 September 2021.(*) 

TerPopuler