Pemuda Berdaya Pemuda Masa Kini

Pemuda Berdaya Pemuda Masa Kini

Kamis, 28 Oktober 2021,


BONETERKINI. COM--Hari Sumpah Pemuda selalu diperingati disetiap 28 Oktober. Sama halnya di tahun ini, 28 Oktober 2021 diperingati berbagai kalangan.

Seperti di Kabupaten Bone Sulawesi Selatan diperingati berbagai acara. Seperti dialog, bincang santai di studio radio, bahkan ada yang melakukan demo.

Pemuda memang sebuah bahan dialog yang menarik. Karena pemuda diharapkan menjadi ujung tombak sekaligus penerima estafet kepemimpinan.

Harapan tertuju pada pemuda, sehingga tidak salah jika mantan presiden Ir. Soekarno pernah menegaskan bahwa kekuatan pemuda itu sungguh luar biasa.

"Beri aku 1.000 orang tua, niscaya akan kucabut semeru dari akarnya. Beri aku 10 pemuda niscaya akan kuguncangkan dunia."

Terkait dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda tersebut, Ketua Lira Provinsi Sulawesi Selatan, Sofyan menegaskan bahwa pemuda itu harus memiliki potensi diri yang tidak mumpuni. Pemuda itu harus inovatif dan memiliki kemampuan daya saing.

Potensi pemuda, khususnya Sulawesi Selatan memang tidak diragukan lagi. Namun demikian kita memiliki data pasti bahwa seberapa banyak pemuda di Sulsel yang memiliki potensi yang luar biasa itu. Kita tidak memiliki data, seperti pemuda kita yang mengenyam pendidikan yang tinggi.

Sementara itu Kadis Kesbangpol Dr. H. Andi Sumardi Suwaib M. Si. mengatakan bahwa kaum muda itu harus memenej dirinya dengan baik. Potensi yang dimilikinya harus dikelola dengan baik sehingga bisa berdaya saing.

Kalau pemuda mampu mengelola dan mengembangkan potensi dirinya, saya yakin akan menjadi pemuda yang berdaya saing dan sejahtera, tegas Sumardi.(*) 

TerPopuler