Catatan Dipenghujung Ramadhan Oleh: Hj. Farida Hanafing

Catatan Dipenghujung Ramadhan Oleh: Hj. Farida Hanafing

Kamis, 28 April 2022,


BONETERKINI. COM-Seperti ramadhan sebelumnya, saya dan sahabat lainnya disibukan dengan tugas sosial keagamaan. Nikmat terasa dan silaturahmi serta ibadah tetap berjalan lancar.

Tentu tak hanya  mempersiapkan pelayanan para
Muzakki (orang yang dikenai kewajiban membayar zakat atas kepemilikan harta yang telah mencapai nisab dan haul), akan tetapi juga mempersiapkan pelayanan para Mustahik (orang-orang yang berhak menerima zakat).

Zakat ditunaikan untuk disalurkan kepada golongan orang yang berhak menerima zakat atau disebut dengan Asnaf.
Berdasarkan Q.S At-Taubah ayat 60, terdapat 8 golongan orang yang menerima zakat. Antara lain fakir, miskin, amil, mualaf, riqab, gharimin, fisabilillah, dan ibnu sabil. 

Saya, para sahabat dan pengurus BAZNAS Bone terus berbenah dan melayani setiap orang yang datang. Semua harus disambut dengan ceria. Sedih juga terkadang muncul ketika menatap Mustahik. Seperti Aleyshia, yang membuat mata kami berkaca-kaca.

Bayi yang berusia 9 bulan ini, Tubuhnya kecil dan ringan...
Sangaaaattt cantiiqqq...
Kulit dan wajahnya Masya Allah...
Matanya bening, anak cerdas harusnya...
Kami gendong kiri kanan di kantor BAZNAS, Aleyshia betah dan tidak rewel.

Kami pun dibuat ceria. Tuhan telah mendatangkan keceriaan lewat sesosok bayi. Tuhan mengirimkan bayi sebagai pengingat bahwa kita harus berbagi. Kita harus bahagia dengan sesama.

Aleyshia diantar oleh nenek dan kerabatnya. Sejak baru lahir, dirawat oleh neneknya sementara ibunya harus merelakan kerinduannya berjarak demi mencari rejeki  di Kolaka Sulawesi Tenggara.

Yaa Allah...
Semoga anak-anak yang katanya menderita stunting ini bisa sehat normal seperti anak lainnya.
Semoga kelak menjadi anak yang mandiri dan berguna bagi keluarga, bangsa dan negara serta agama.

Masalah stunting menjadi perhatian serius pemerintah  dan BAZNAS dari pusat hingga kabupaten/kota. Kami ambil bagian dengan membuat program pemberian bantuan makanan sehat bergizi. Kepedulian terhadap para penderita stunting itu berdasar pada data yang diperoleh dari BAPPEDA dan Dinas Kesehatan Kabupaten Bone.

Untuk pemberian bantuan di Aula Kantor Kecamatan Tanete Riattang Barat, turut hadir penyerahan adalah Camat Tanete Riattang, Danramil, yang mewakili Kapolsek, KUA serta dr. Eko Nugroho dari Dinas Kesehatan yang mengawalinya dengan memberikan pemahaman tentang stunting.

Camat Tenete Riattang Barat Hasnawati Ramli, S.Sos, M.Si juga mengingatkan melakukan pencegahan stunting dengan tidak melakukan pernikahan dini, menjaga asupan gizi ketika hamil.

Farida Hanafing, Ketua 1 BAZNAS Bone menyampaikan bahwa bantuan stunting ini bersumber dari dana zakat, infak dan sedekah yang dipercayakan ke BAZNAS Kabupaten Bone untuk disalurkan kepada orang-orang yang berhak.
Untuk itu, mari tunaikan zakat ke lembaga yang dibentuk oleh pemerintah ini agar bisa dirasakan manfaatnya oleh para mustahik di 27 kecamatan dan 372 desa/kelurahan.(*) 

TerPopuler