KH Syam Amir Yunus Kembali Dipercaya Menjadi Komando Dewan Hakim MTQ SulSel

KH Syam Amir Yunus Kembali Dipercaya Menjadi Komando Dewan Hakim MTQ SulSel

Minggu, 26 Juni 2022,

BONETERKINI.COM- KH Syam Amir Yunus yang juga Pimpinan Ponpes Tahfidzhul Qur'an kembali dipercaya oleh Lembaga Pengembangan Tilawatl Qur’an (LPTQ) Kementerian Agama untuk mengkomandoi dewan hakim Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Propinsi Sulsel.

Kegiatan Musabaqoh Tilawatil Quran saat ini masih sementara berlangsung, yang dilaksanakan di Kabupaten Bone yang berlangsung dari tanggal 24 Juni-1 Juli 2022.

Sederet prestasi yang pernah diperoleh oleh kamando dewan hakim diantaranya yaitu KH Syam Amir senantiasa menjuarai setiap event perlombaan Al-Qur’an baik MTQ Propinsi, Nasional sampai Internasional, begitu pula pada event Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ). Diantaranya, Juara 1 Musabaqah Hifzhil Qur’an (MHQ) 20 juz di Pekanbaru, Riau di tahun 1994. Juara 1 tafsir Bahasa Arab di Palu tahun 2000. Masuk 10 besar MTQ Internasional di Mekkah tahun 1995 serta Juara 4, 30 juz MTQ Internasional di Iran tahun 2000. Dan sederet prestasi yang diraih KH Syam Amir di ajang MTQ propinsi maupun nasional. Bahkan KH Syam Amir dipercaya menjadi official setiap ajang MTQ Internasional.


Tercatat sedikitnya sudah 6 kali beliau menjadi dewan hakim MTQ nasional dan 1 kali dewan hakim STQ Nasional serta 4 kali dewan hakim MTQ mahasiswa nasional.

KH Syam Amir, mengatakan bahwa menjadi koordinator dewan hakim bukanlah amanah ringan melainkan tugas yang sangat berat.

"Dituntut tanggung jawab serta harus adil, professional, cermat, teliti, punya dedikasi dan independen tidak mudah terpengaruh dengan kepentingan dan godaan",ungkap Syam Amir.


Baginya setelah di SK-kan sebagai koordinator dewan hakim bersama dewan hakim lainnya, langkah pertama yang dilakukan adalah mengadakan orientasi untuk memaksimalkan tugas dalam memberikan penilaian terbaik.

Profesionalisme dalam penilaian adalah satu keharusan sebab Gubernur Sulsel telah mewanti-wanti kepada 65 dewan hakim yang telah di lantik agar bisa memberikan penilaian terbaik sehingga peserta yang juara adalah mereka yang benar-benar terbaik dari seluruh peserta sehingga mereka bisa mengharumkan nama Sulsel pada MTQ tingkat nasional yang akan dilaksanakan di Banjarmasin bulan Oktober tahun 2022 maupun MTQ tingkat internasional. (editor:imma)



TerPopuler