Berita Membahagiakan di Pagi Hari

Berita Membahagiakan di Pagi Hari

Selasa, 05 Juli 2022,
Catatan Hj. Farida Hanafing

BONETERKINI. COM--Al-Qur’an adalah sebuah petunjuk. Seseorang yang menghafal isi Al-Qur'an disebut Hafiz. Impian terbesar dari orang tua muslim adalah anaknya bisa menjadi hafiz Al Qur'an.
Sehubungan dengan inilah kisah saya pagi ini.

Setelah berjumpa dengan guru kehidupan, guru bisnis, guru yang selalu mengingatkan agar dunia dan akhirat dikejar di Malang Jawa Timur. Di perjalanan dengan kereta api dari Malang menuju Jogja diri ini mendapat berita dari selessurengku/saudaraku Andi Adi S. Temmatumpa yang menggembirakan dan harusnya bisa menjadi motivasi bagi orang tua lainnya yang menyayangi anak-anaknya. Yang berharap anak yang mereka besarkan mattola palallo dalam banyak hal. 

Bisa merasakan kejiwaan yang dialami oleh saudara saya yang satu ini, Andi Adi S Temmatumpa yang saat ini menjabat sebagai Kepala Telkom Bone. Beliau bahagia, terharu dan air mata tumpah tak tertahankan karena mendapat khabar bahwa ananda Andi Syamil Maddolangeng berhasil menyelesaikan hafalan 30 Juz Al Qur'an hanya dalam waktu 23 bulan di usia bertepatan ke-14 tahun. Kado istimewa buat orang tua tercinta ayah dan ibunda. Semoga kelak menjadi mahkota bagi orang tua di akhirat.




Selalu ada kisah dibalik peristiwa. Guru selalu mengajarkan kami grab the data. Impian bisa tercapai selalu ada faktor penyebabnya. Ada ikhtiar dan doa dari orang tua, ananda, keluarga dan guru-guru pembimbing.

Peran guru ananda Andi Syamil di MTS PP Badruttamam Kecamatan Cina sungguh besar dalam pencapaiannya hingga menuntaskan hafalannya. Di usia yang masih dini, anak-anak lain mungkin masih harus diurus dalam banyak hal oleh orang tua. Tapi berbeda dengan ananda Andi Syamil yang telah memiliki tujuan dan target hidup. Bahkan kemandirian ditunjukkan dengan meminta ayah tidak mempublikasikan siapa dirinya. Selain itu peran dari guru-guru di sekolah islam terpadu di kota sebelumnya selama beberapa tahun telah memberikan penanaman kuat kepada ananda untuk senantisa memotivasi diri dengan nilai-nilai agama.

Dilahirkan dari ayah dan ibu yang kisahnya penuh perjuangan, bila ditulis mungkin harus bersambung hingga menjadi buku yang sangat layak dibaca oleh anak-anak muda masa kini.

Pernah suatu waktu, saya melihat video ayahanda dari Andi Syamil yang muroja'ah hafalan nanda Syamil yang saat itu hafalan ananda sepertinya sudah lebih banyak dari ayah hehee...
Ayah yang mengambil peran dalam pembentukan karakter anaknya. Bahkan pernah lihat video beliau juga yang ke sekolah untuk urusan anak bersama dengan orang tua lainnya. 

Terakhir, ada ibunda Sri Wahyuningsih, M.Si yang tentu saja sangat besar perannya dalam mendidik anak-anaknya. Selalu ada doa sejak awal hingga kini, ada keteladanan yang ditunjukkan, ada kebaikan-kebaikan yang disebar kepada siapa saja sehingga doanya begitu maqbul dikabulkan Allah.

Untuk ananda Andi Syamil, tetap istiqamah, selalu muraja'ah agar hafalan bisa mutqin. Nilai-nilai yang terkandung dari hafalannya bisa diamalkan dikehidupan sehari-hari. Semoga dikabulkan impian-impian ta' nak. Barakallahu fiikum.

Al-Qur’an adalah sebuah petunjuk. Seseorang yang menghafal isi Al-Qur'an disebut Hafiz. Impian terbesar dari orang tua muslim adalah anaknya bisa menjadi hafiz Al Qur'an.(*) 

TerPopuler