Bola Soba Segera Dibangun. Fahsar Harap Selesai Tahun ini

Bola Soba Segera Dibangun. Fahsar Harap Selesai Tahun ini

Selasa, 12 Juli 2022,


BONETERKINI.COM--Pasca terbakarnya Bola Soba tahun lalu,
Pemerintah Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan  (Sulsel) berencana memindahkan lokasi. Sebelumnya lokasi yang terletak di Jalan Latenritatta, rencananya dipindahkan ke Kelurahan Watang Palakka Kecamatan Tanete Riattang Barat.

Bangunan ini merupakan replika dari rumah Kerajaan Bone yang dibangun pada masa pemerintahan Raja Bone ke-30, La Pawawoi Karaeng Sigeri sekitar tahun 1890. Jejak Sejarah Bola Soba, Rumah Adat Kerajaan Bone yang Terbakar (1)
Bola Soba atau Saoraja Petta Ponggawae, rumah adat Kerajaan Bone, sebelum terbakar.

Lokasi awalnya berada di Jalan Petta Ponggawae yang kini menjadi lokasi rumah jabatan Bupati Bone. Kemudian sempat dipindahkan di Jalan Veteran Bone, selanjutnya dibangun di Jalan Latenritatta pada tahun 1978 yang peresmiannya dilakukan pada 14 April 1982 oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) saat itu, Prof Dr Daoed Joesoef.


Untuk lokasi yang baru, Pemerintah Kabupaten Bone
menargetkan pembebasan lahan seluas 4 hektare. Lokasi ini, Pihaknya mengklaim hanya sisa memproses pembayaran ganti rugi kepada pemilik lahan.

"Bola Soba akan dibangun  di Palakka Insya Allah. Mengenai lahannya sudah tidak ada masalah. Pemilik juga sudah setuju. Dalam 1 bulan ini sudah selesai pembebasan lahanya, sisa kita bayar," kata Andi Fahsar M Padjalangi saat dikonfirmasi, Senin (11/7/2022).

Penegasan Fahsar
saat memimpin rapat ekspose desain pembangunan rumah adat Bola Soba yang berlangsung di Kantor Dinas Bina Marga Cipta Karya dan Tata Ruang, Senin (11/7).

Turut hadir dalam rapat tersebut, Wakil Bupati Bone Ambo Dalle, Sekda Bone Andi Islamuddin, Kadis Pariwisata, Sekretaris Dinas Kebudayaan, budayawan, unsur pers, tokoh masyarakat dan Tim Ahli Cagar Budaya (TACB).

Pertemuan berlangsung alot untuk lebih memantapkan desain, unsur seni dan besaran Bola Soba yang akan dibangun.

"Terkait besarnya, saya tidak minta 2 kali lebih besar. Karena pasti akan bertambah tiangnya dan akan berpengaruh pada model. Kita sesuaikan saja dan bagaimana Bola Soba ini tampil bagus. Intinya segera lengkapi desainnya, model bangunan, dan ukurannya agar bisa dibuat segera agar bisa dibangun tahun ini" tegasnya.

Harapan saya, Bola Soba bisa terbangun diakhir pemerintahan saya. Untuk pengembangannya, itu tugas bupati selanjutnya," jelas Fahsar.(*) 

TerPopuler