Siswa SMAN 1 Bone Harumkan Nama Indonesia Raih Medali Perak Matematika Dunia 2022

Siswa SMAN 1 Bone Harumkan Nama Indonesia Raih Medali Perak Matematika Dunia 2022

Senin, 07 November 2022,


BONETERKINI.COM--Adalah Acthasain Putra Suhardi berhasil mengharumkan nama Indonesia dalam ajang lomba Word Mathematics Invitational (WMI) tahun 2022.  Hal itu diungkapkan pembimbing  Acthasain, Kamaruddin, S.Pd. saat ditemui Senin (7/11) setelah penyerahan sertifikat lomba yang diserahkan kepala UPT SMAN 1 Bone, Drs. Muhdar, M.Pd., di lapangan upacara UPT SMAN 1 Bone.

Dikatakan Kamaruddin bahwa lomba matematika international ini dilaksanakan secara online yang dipusatkan di Makassar untuk Indonesia Timur. "Khusus untuk round final dilaksanakan online juga tapi berpusat di Taiwan," kata Kamaruddin yang juga merupakan guru Matematika di UPT SMAN 1 Bone.

Lomba matematika ini sendiri dikatakan Kamaruddin seleksinya dilaksanakan pada tanggal 26 Maret lalu dan finalnya dilaksanakan tanggal 16 Juli 2022. Lombanya berjalan cukup ketat karena peserta sebelumnya harus bersaing di negaranya masing-masing. "Acthasain bisa lolos ke tingkat dunia setelah mengalahkan pesaingnya di Indonesia. Di final round ia berhadapan peserta dari negara-negara lain seperti Bulgaria, Amerika, China, Australia dan lainnya," tutur Kamaruddin.

Lalu apa kiat Acthasain sehingga bisa lolos ke tingkat dunia? Acthasain mengungkapkan keberhasilannya tembus di tingkat dunia tak lain karena adanya dukungan dari pihak sekolah dan bimbingan intensif dari pembina  serta banyak belajar dan fokus latihan soal-soal. "Salah satu faktor kunci keberhasilan saya meraih juara 2 pada lomba ini karena intensifnya bimbingan dan latihan soal-soal sebelum lomba dilaksanakan," ungkap Acthasain siswa kelas XI MIPA 4 ini.

Kunci lainnya lanjut Acthasain adalah selalu belajar hal-hal baru dan selalu belajar dari soal-soal jenis baru. "Jangan cepat puas dengan performa yang dimiliki harus terus belajar untuk jadi lebih baik dan jangan pernah cepat menyerah," ungkapnya lagi.

Sementara itu Drs. Muhdar, M.Pd., berharap kepada Acthsain agar tidak cepat puas dan tidak berhenti sampai pada lomba ini. "Ananda harus terus mengasah bakatnya. Jangan cepat puas. Masih banyak kesempatan untuk meningkatkan kemampuan dimasa depan," harap Muhdar. (*) 

TerPopuler