Bupati Bone Ziarahi Makam Raja-Raja Bone Di Daerah Gowa Dan Makassar

Bupati Bone Ziarahi Makam Raja-Raja Bone Di Daerah Gowa Dan Makassar

Rabu, 15 Maret 2023,


BONETERKINI.COM--Dalam Rangkaian Hari Jadi Bone Ke-693. Pemerintah Daerah Kabupaten Bone Menggelar Ziarah Makam Raja-Raja Bone yang ada di wilayah kabupaten Gowa dan Makassar. 

Rombongan yang dipimpin Bupati Bone DR. H. A. Fahsar M. Padjalangi, M. Si. Didampingi Ibu Ketua TP PKK Bone Hj. A. Kurniaty A. Fahsar, SH., SPN. memulai lawatannya di Makam Raja Bone Ke-15 Arung Palakka Petta Malampe'e Gemme' na, To' Appatunru Paduka Sri Sultan Sa'ad ud-din Matinroe Ri Bontoala Jl. Bonto Biraeng, Katangka, Kec. Somba Opu, Kabupaten Gowa, Rabu 15 Maret 2023.


Selain makam Arung Palakka, rombongan juga menziarahi makam Sultan Hasanuddin di gowa, makam raja Bone A. Mappanyukki di TMP Panaikang. lalu rombongan mengakhiri lawatannya di makam raja Bone ke-22 La temmasonge'. 

Bupati Bone mengatakan, Ziarah makam raja-raja Bone merupakan rangkaian HJB tiap tahun rutin kita laksanakan. pada momentum yang berbahagia ini merupakan ziarah makam raja Bone di periode kami yang terakhir. Kami berharap jalinan sinergitas antara Bone dan Gowa bisa terus di pererat.

Dikatakannya lagi, "tahun ini peringatan HJB kita laksanakan begitu panjang. karena bertepatan dengan bulan suci ramadhan, puncak HJB kita gelar 6 Mei mendatang". 

"Rangkaian HJB kita mulai dengan ziarah makam raja-raja Bone. Kemarin, kita sempat ziarahi makam raja Bone ke-31 La Pawawoi Karaeng Sigeri di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan dengan dihadiri beberapa sesepuh yang ada di jakarta" bebernya. 

"Dalam kesempatan ini, Kami haturkan terima kasih yang sebesar-sebesarnya kepada Pemerintah Kabupaten Gowa atas sambutan dan segala fasilitasnya"ungkap Bupati Bone. 


Sementara itu, Wakil Bupati Gowa H. Abdul Rauf Malaganni mengatakan, Selamat datang di wilayah Kabupaten gowa. bone dan gowa satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan oleh siapa pun. 
 
"Kami disini bukan menyambut Bone sebagai tamu. tetapi sebagai keluarga. 
seperti yang kita ketahui, penelusuran kerajaan bone dan gowa adalah kerajaan terbesar di Sulawesi Selatan. 
maka dari itu, melalui momentum ziarah makam ini. atas nama pemerintah kabupaten gowa beserta jajaran dan masyarakat mengajak pemerintah daerah Bone untuk semakin mempererat tali persatuan dan silaturahim" Jelasnya. 

Hadir dalam ziarah Makam raja-raja Bone yakni, Danrem 141/Tp., Ketua DPRD Bone, Kapolres Bone, Dandim 1407 Bone, Ketua Pengadilan Negeri Bone, Danyon C Plopor Bone serta Kepala OPD Bone.(*) 

TerPopuler