Bupati Bone Kunjungi Gua Cempalagi

BONETERKINI.COM,- Jelang Hari Jadi Bone ke-687, Bupati Bone, H Andi Fahsar M Padjalangi mengunjungi Gua Cempalagi yang terletak di Desa Mallari, Kecamatan Awangpone, Kabupaten Bone, Jumat sore, 10 Maret 2017.

Bupati Bone Andi Fashar Menjelaskan, kunjungannya ke Gua Cempalagi guna melihat langsung kondisi yang ada tempat itu jelang pelaksanaan napak tilas perjalanan Arung Palakka yang akan digelar pada bulan April 2017 mendatang. 

"Kemarin itu kita gelar napak tilas Arung Palakka di Buton, Baubau. Nah bulan April nanti ini Walikota Baubau AS Tamrin beserta dengan jajarannya akan datang dalam acara napak tilas ini," Jelas Andi Fashar

Dirinya berharap, kegiatan ini akan terus berkelanjutan kedepannya, bahkan akan menjadi agenda tahunan. Napak tilas ini, kata Fahsar bertujuan untuk memupuk hubungan yang telah dijalin oleh para raja dan sultan dulu.

"Kegiatan ini untuk mempererat hubungan keakraban antara Bone dengan Butung (Buton-red), sebagaimana tertuang dalam traktat "Bone Ri Lau-Butung Ri Aja" dalam artian Bone di Timur, Buton di Barat," ujarnya kepada boneterkini.com

Sekedar diketahui, Gua Cempalagi ini terletak tepat daerah pantai berbukit di timur Bone. Didalam gua itu terdapat batu yang merupakan bekas tempat duduk dan sandaran raja Bone ke 15 Arung Palakka.

Selain itu pula, tepat di depan mulut goa, terdapat urat-urat kayu yang menjulur kebawah dan ada pula dalam bentuk tersimpul, "singkeru". Simpul ini, menurut sejarah merupakan tempat dimana Arung Palakka bernazar. Dan ketika kita berjalan kebawah menyusuri jalan yang terjal kita akan menjumpai sebuah batu dimana terdapat jejak kaki Arung Palakka.

Dari tempat itu, Arung Palakka menghentakkan kaki atau mattuddu dengan kencang sembari bersumpah akan kembali membawa kemenangan untuk rakyat Bugis.

admin : boneterkini.com

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.