Seru, Gladian Pemuda di Cempalagi



BONETERKINI.COM,WATAMPONE– Banyak cara memperingati Hari Sumpah Pemuda, seperti yang digelar Forum Merah Putih (FMP) bersama Komunitas Pemberdayaan Masyarkat Indonesia (KPMI) dan Lembaga Penyiaran Publik Lokal Radio SBB, menggelar kegiatan Gladian Pemuda Sangkarrang berbentuk Summer Camp pada 26-27 Oktober 2019, di objek wisata sejarah Cempalagi, Desa Mallari, Kec.Awangpone Kab.Bone.

Menurut Zainal penanggung jawab acara, menjelaskan Ratusan peserta tercatat mengikuti kegiatan ini, Terdiri dari kalangan Organisasi Kepemudaan (OKP), komunitas, maupun personal. 



"241 orang pemuda ikut memeriahkan Geladian Pemuda Bone yang terdiri dari 30 OKP/Komunitas dan personal" ungkap Zainal kepada wartawan.

Ditambahkan lagi, pada prinsipnya, peserta yang ikut dalam kegitan ini diajak untuk mandiri dengan cara menyiapkan sendiri segala kebutuhannya, seperti kebutuhan logistik maupun tenda.

Selama kegiatan berlangsung, peserta disuguhi berbagai kegiatan yang seru dan menarik. Seperti temu wicara, sharing dan berjejaring, foto dan upload, lomba domino bersama masyarakat setempat, senam bone bergoyang, aksi bersih pantai dan laut, simulasi kesiap-siagaan bencana, hiburan, dan wisata pantai.



Mengusung tema Menggagas Sinergitas Pemuda dalam Mengembangkan Wisata Teluk Bone, melalui kegiatan tersebut Pemuda Bone bisa menjalin sinergi antar organisasi, pemuda, dan pemerintah.

Ketua DPRD Kab.Bone, Irwandi Burhan yang turut hadir didalam sesi sharing dan jejaring mengatakan DPRD Kabupaten Bone mendukung kegiatan ini karena nilai strategisnya yang membuat pemuda punya ruang berkarya.



“Forum Merah Putih bersama Komunitas Pemberdayaan Masyarakat Bone melihat kegiatan ini dapat menjadi ajang yang baik untuk sosialisasi kesiapsiagaan bencana bagi pemuda dan membina jiwa kerelawanan khususnya mengembangkan wisata teluk Bone”. ujar Irwandi Burhan.

Dalam sesi sharing dan jejaring, selain Irwandi Burhan, juga hadir narasumber yang lain seperti Letkol Inf Mustaming (Dandim Bone), Andi Arsal (staf ahli Bupati), dan Hj Farida Hanfing (Ketua IWAPI).



Sementara Anggota DPD RI, Ajip Padindang yang menjadi narasumber tunggal dalam sesi Temu wicara mengatakan bahwa kegiatan Gladian Pemuda Bone merupakan momentum bagi para pemuda yang tersebar di berbagai lembaga komunitas, untuk menggagas agenda-agenda kepemudaan, termasuk pengemban wisata teluk Bone dan kesiapsiagaan bencana.

“Pemuda harus buat ruang untuk berbuat khususnya pengembangan wisata teluk Bone. Objek Wisata Cempalagi tentu punya cerita sendiri yang harusnya pemuda Bone paham untuk diceritakan ke orang lain yang bisa menarik para pengunjung. Selain itu, untuk membangun kordinasi ditingkatan Pemuda perlu ada momentum kegiatan seperti yang sementara kita gagas saat ini. Juga untuk menetukan agenda-agenda pemuda, salah satunya mengembalikan Budaya Bone”, kunci Ajip Padindang.(*)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.