Lokakarya Calon Guru Penggerak Kabupaten Bone Angkatan Pertama

Lokakarya Calon Guru Penggerak Kabupaten Bone Angkatan Pertama

Minggu, 29 Agustus 2021,

BONETERKINI.COM- Program Pendidikan Guru Penggerak adalah program pendidikan kepemimpinan bagi guru untuk menjadi pemimpin pembelajaran. 

Program Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 1 Kabupaten Bone mengadakan lokakarya 9 secara luring dengan mengikuti protokol kesehatan yang ketat, di Hotel Novena Bone, Sabtu 28 Agustus 2021.

Program ini meliputi pelatihan daring, lokakarya, konferensi, dan pendampingan selama 9 bulan bagi calon Guru Penggerak. Selama pelaksanaan program, guru tetap menjalankan tugas mengajarnya sebagai guru.


Kabupaten Bone merupakan salah satu daerah sasaran program guru penggerak Angkatan 1 bersama 56 kota lainnya di Indonesia. 


Adapun kriteria dari penentuan daerah sasaran adalah kebutuhan kepala sekolah pada setiap daerah yang dilihat dari angka kepala sekolahnya yang akan pensiun pada periode 2020-2024.


Peserta program Pendidikan guru penggerak Kabupaten Bone Angkatan 1 sebanyak 55 orang terdiri dari jenjang TK 2 orang, SD 30 orang, SMP 14 orang dan SMA 9 orang.


Lokakarya 9 merupakan lokakarya terakhir, yang dimana dalam kegiatan ini pula materi rencana tindak lanjut dari program ini setelah berakhir sekaligus pemilihan ketua komunitas untuk menjalankan program kerja yang telah disusun bersama.       

 

Sekertaris Dinas Pendidikan Kabupaten Bone, Drs. Nursalam, M.Pd. mengatakan bahwa guru penggerak nantinya harus mampu mentransferkan ilmu yang dimilikinya kepada guru yang lain.


"Ilmu dan pengalaman guru penggerak tidak akan bermanfaat apabila cuma di pahami sendiri, tapi harus mampu di bagikan kepada guru-guru yang lain",ucap Nursalam


Kembali Drs. Nursalam berharap semoga guru penggerak juga mampu berkreasi untuk menjawab tantangan dunia Pendidikan saat ini. Dan nantinya menjadi agen transformasi pendidikan Indonesia khususnya di Kabupaten Bone. 


"Salah satu contoh nyata dari kreativitas yang telah dilakukan oleh salah satu guru penggerak dari Kecamatan Palakka, yakni dgn membuat video pembelajaran rutin dan itu sangat menginspirasi guru lain, apalagi di masa pembelajaran jarak jauh seperti saat ini",tambah Nursalam


Seperti yang kita ketahui bahwa guru Penggerak adalah pemimpin pembelajaran yang mendorong tumbuh kembang murid secara holistik, aktif dan proaktif dalam mengembangkan pendidik lainnya. Dan untuk menjadi Guru Penggerak, guru harus mengikuti pendidikan guru penggerak selama 9 bulan.(imma)




TerPopuler