Gedung Perpustakaan Kabupaten Bone Diresmikan Hari Ini

Gedung Perpustakaan Kabupaten Bone Diresmikan Hari Ini

Senin, 01 November 2021,

BONETERIKINI.COM- Kepala Perpustakaan Nasional 
Republik Indonesia Drs. Muhammd Syarif Bando, M. M meresmikan Gedung Layanan Perpustakaan Daerah Kabupaten Bone.

Peresmian gedung perpustakaan baru yang terletak di kawasan Watampone Green Epicentrum (WAGE) Jl Kalimantan, Kecamatan Tanete Riattang, Kota Watampone dilaksanakan pada Senin, 01 November 2021.

Diketahui sebelumnya bahwa lokasi tersebut bekas Bola Subbie, Istana Ratu Bone ke-30 We Fatimah Banri dan Raja Bone ke-31 La Pawawoi Karaeng Sigeri. 

Kegiatan peresmian dihadiri Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman, S.T, Danrem 141 Toddoppuli Brigjen TNI Djashar Djamil, S.E, M. M, Kadis Perpustakaan Provinsi Sulsel Muh Hasan SH, MH.


Turut hadir forkopimda Bone Dandim 1407 Bone Letkol Kav. Budiman,S.H., Kapolres Bone AKBP Ardiyansyah, SIK, Wakil Ketua DPRD Bone Indra Jaya, Sekda Bone Drs H. Andi Islamuddin, serta Kepala OPD Bone lainnya.

Bupati Bone dalam sambutannya, berharap gedung perpustakaan Daerah Bone ini disamping sebagai tempat membaca buku, dapat pula menjadi lokasi edukasi dan semangat literasi bagi masyarakat luas.

"Kami berharap kehadiran perpustakaan nasional dan perpustakaan provinsi dapat memberikan spirit di Bone serta mampu membuat masyarakat cinta akan budaya literasi," kata Bupati Bone.

Kepala Perpustakaan Nasional Republik Indonesia 
Drs. Muhammad Syarif Bando, M. M., mengatakan bahwa program prioritas perpustakaan nasional yaitu pembangunan infrasturktur perpustakaan seperti pengembangan yang berbasis digital.

"Saat ini kita kembangkan teknologi konten digital. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa bangsa yang besar adalah bangsa yang SDMnya berkualitas melalui literasi," kata Muhammad Syarif 

Sementara itu Wakil Gubernur Sulsel A. Sudirman Sulaiman, ST menuturkan, Pemprov Sulsel akan memberikan bantuan peralatan dan perlengkapan Program Transformasi Perpustakaan.

"Perpustakaan provinsi yang mengisi perpustakaan- perpustakaan yang ada di daerah dengan melihat perpustakaan unggulan di Indonesia," kata Plt Gubernur Sulsel A. Sudirman.


Gedung Perpustakaan Daerah Bone pembangunannya menelan biaya 10 miliar bersumber dari bantuan Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI).

Gedung Perpustakaan Daerah Bone ini dibangun pada tahun 2020 namun terkena refocusing. Baru dianggarkan kembali dan akhirnya rampung pada tahun 2021.(editor:imma)

TerPopuler