RKBB Bone Gelar Launching Wanua Museum Virtual Pertama Di Indonesia

RKBB Bone Gelar Launching Wanua Museum Virtual Pertama Di Indonesia

Sabtu, 29 Juli 2023,
Kepala Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah XIX Drs. Laode Muhammad Aksa, M. Hum. Melaunching Wanua Museum di ballroom sentosa, hotel novena sabtu 29/7/2023.


BONETERKINI.COM--Rumah Kreasi Budaya Bangsa (RKBB) Saoraja Bone menggelar Launching “Wanua Museum”, sebagai pelopor museum virtual reality interaktif Pertama di Indonesia.

Museum virtual reality interaktif sandang, pangan, dan papan suku Bugis dilaunching oleh Perwakilan Dirjen Kementerian kebudayaan Kepala Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah XIX Drs. Laode Muhammad Aksa, M. Hum. di Ballroom Sentosa, Novena Hotel, Bone, Sulawesi Selatan. 

Wanua Museum merupakan bantuan dana hibah Indonesiana kategori karya kreatif inovatif dari Direktorat Jendral Kebudayaan Kemendikbud Ristek Republik Indonesia. 

Berawal dari kurangnya minat dan motivasi pemuda untuk mengunjungi Museum dan minimnya pemahaman tentang kebudayaan menjadi perhatian Dr. Ichsan Hatib yang menggagas ide inovatif Museum Virtual. Dalam kegiatan ini, ia bertindak sebagai Koordinator tim peneliti sekaligus sebagai kreatif director.

"Ide ini sudah dipikirkan sejak tahun 2017 dengan tujuan mengembalikan kejayaan Bone sebagai pusat literasi Suku Bugis berbasis digital. Namun baru dapat terwujud di tahun 2023 berkat adanya  pendanaan dari Program Dana Indonesiana dari Dirjen Kebudayaan dan LPDP ini" Kata Dr. Ichsan dosen Seni Unnes semarang kreatif director Wanua Museum saat ditemui di Novena Hotel, Sabtu 29/7/2023.

Dengan memakai teknologi virtual reality metamesta, Ichsan berharap bisa mendorong minat semangat para generasi millenial, zillenial, dan Alpha untuk belajar sambil bermain melalui penciptaan dunia baru semacam ini.

Dalam kesempatan tersebut ichsan merasa kecewa dengan ketidakhadiran perwakilan dari Pemerintah Daerah Bone pada acara launching tersebut. Menurutnya, inilah karya nyata dari anak bone yang berhasil membuat musium virtual pertama di indonesia. 

"Saya sangat kecewa dengan ketidakhadiran perwakilan pemda bone. Apalagi, karya ini pertama di indonesia murni karya anak bone yang perlu perhatian khusus" imbuhnya. 

"Kedepannya, Wanua Museum akan terus dikembangkan. kita berharap, para pemangku kepentingan dan dinas terkait bisa berkolaborasi dan membantu upaya ini," Lanjutnya

Sementara itu, Mewakili Dirjen Kementerian kebudayaan yakni, Kepala Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah XIX Drs. Laode Muhammad Aksa, M. Hum. mengatakan, ini merupakan karya inovasi pemuda pemudi bone yang sangat luar biasa yang di inisiasi oleh RKBB. 

"Pemerintah pusat selalu memfasilitasi kaum milenial bagaimana melahirkan inovasi dan kreatifitas yang muaranya bisa memajukan kebudayaan khususnya di daerah masing-masing". 

Ide wanua museum merupakan ide cerdas. karena secara virtual bisa dijangkau masyarakat bugis bone yang berada di manapun masuk kedalam menikmati kembali bagaimana sandang pangan dan papan masyarakat suku Bugis tempo dulu melalui viar ini. 

Wanua museum ini menjadi bagian kehidupan kita melalui virtual sehingga kita bisa mendapatkan informasi bagaimana kehidupan masyarakat suku bugis bone masa lampau. terima kasih dan kerjasamanaya sehingga Wanua musium bisa di nikmati oleh masyarakat secara virtual.(*) 

TerPopuler