Dan Pun Hadir. Catatan setelah 16 tahun menunggu

Dan Pun Hadir. Catatan setelah 16 tahun menunggu

Rabu, 06 Maret 2024,


BONETERKINI.COM--Perjalanan ini dimulai sejak maret 2022, bpk Bupati Bone Dr. H.A Fahsar M padjalangi M.Si menunjuk kami untuk menangani masalah lingkungan hidup utamanya pelayanan persampahan di kota Watampone, sejak saat itu tertanam tekad untuk mengembalikan kota Watampone sebagai kota adipura.

Sejarah Adipura kota watampone dimulai sejak tahun 1995 saat itu walikotif adalah puang A. Mangunsidi pada kategori kota kecil, lalu kategori kota sedang tahun 2008 saat kadisnya puang A. Muhlis rasyid dan tahun 2009 saat kepala kantor kebersihannya adalah puang Edi rasyid. Setelah itu Watampone hanya mampu mendapatkan sertifikat adipura itupun tidak setiap tahun.

Perjalanan mendapakatkan adipura hari ini sungguh tidaklah mudah dimulai dengan pemahaman sebagian masyarakat termasuk elit yang masih meremehkan tentang masalah persampahan, sarana dan prasarana yang jauh dari memadai, ssbagai perbandingan untuk melayani kurang lebih 150 rb jiwa penduduk watampone hanya dilayani oleh 16 bak kontainer, 14 mobil truck sampah yang usia pakainya rata2 lebih dari 10 tahun bahkan alat berat yg digunakan di TPA passippo usianya tua dan hampir tiap bulan mengalami kendala kerusakan. Belum lagi operasional yang jauh dari cukup, tidak jarang kendaraan pengangkut sampah harus berhenti beroperasi karena kehabisan BBM dan rusak.

Sepanjang tahun-tahun sebelumnya media2 dan medsos hampir tiaphari memberitakan keluhan masyarakat tentang sampah yang tidak tertangani, tentang masyarakat sekitar TPA passippo yang berdemo akan menutup TPA karena bau yang menyengat.

Dari semua tantangan tadi, kami bersyukur seluruh personil DLH kab. Bone tetap memiliki semangat pantang menyerah, bekerja dengan senyum keikhlasan walau dengan segala keterbatasan, begitu juga dengan dukungan berbagai pihak yang peduli dengan masalah persampahan menjadikan moodboosters buat kami untuk memberikan yang terbaik karena kami percaya niat baik akan selalu menemukan jalannya ketika dilakukan dengan cara2 yang baik.

Kami mencoba memperbaiki managemen internal DLH, membuat sarana dan prasarana kami harus operasional, melakukan berbagai inovasi yang mudah diaplikasikan dan tidak bosan2nya mengajak semua pihak untuk terlibat karena masalah sampah adalah tanggung jawab bersama. kami harus bekerja dengan cerdas tidak sekedar kerja keras.

Pelan2 kerja2 ini mulai menunjukan hasil, walau kritik, cemohan dan sinis masih tetap ada, tapi kami menganggap semuanya sebagai bagian motivasi agar kami bisa semakin baik. Pada februari 2023 kota watampone mendapat sertifikat adipura setelah lebih 10 tahun, lalu hari ini tanggal 5 maret 2024 adipura setelah 16 tahun kembali di dapatkan oleh kota watampone.

Piala adipura bukanlah akhir, ini adalah sebuah proses. Karena sejatinya setiap hari  adalah penilaian adipura yang jurinya adalah seluruh masyarakat. Piala adipura pun sejatinya bukanlah untuk kami, tetapi untuk masyarakat kota watampone, olehnya semoga dengan adanya piala adipura membuat seluruh masyarakat kota watampone menyadari dan bersama2 melakukan upaya penanggulangan sampah demi lingkungan yang lebih baik.

Terakhir tidak henti2nya puji syukur kehadirat Allah SWT atas segala kemudahan rahmat dan karuniaNYA, terimakasih untuk seluruh pihak yang telah membantu, mendukung dan bersama2 kami berupaya mengatasi masalah sampah, dan terkhusus terimakasih kepada seluruh personil DLH tanpa terkecuali, petugas sampah, pekerja RTH dan lainnya yang bekerja dengan keikhlasan tanpa pernah mengeluh. Anda adalah orang2 hebat dan sebuah kehormatan bisa memimpin rekan2 semua..semoga apa yang kt lakukan menjadi amal kebaikan..aamiin YRA

Jakarta 5 maret 2024
Oleh: Dray Vibrianto S.IP., M.Si

TerPopuler