Melalui Pengelolaan Sampah, Andi Rusli Bertekad Kurangi Pengangguran Di Bone


BONETERKINI.COM.WATAMPONE,-- Berbekal dari pengalaman rantau di Negara asing, Andi Rusli kembali kekampung halamnnya dan menjadi pengusaha pengelolaan sampah.

Semenjak Andi Rusli menekuni pengelolaaan sampah di Kabupaten Bone, kini sampah menjadi salah satu sumber penghasilan masyarakat bone dan menjadi lapangan pekerjaan bagi masyarakat bone.

Andi Rusli yang ditemui di kantornya Lingkungan Pinra Kelurahan Macanang Kecamtan Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone mengatakan kenapa dirinya bergelut di bisnis pengelolaan sampah, karena menurutnya dia ingin merubah nasib pengangguran yang kurang mampu bekerja.

"jadi kami menerima pekerja yang memang betul-betul kurang mampu, dan jumlah pekerja hingga saat ini sudah 70 orang lebih,"Kata Rusli saat ditemui senin 22/1/2018

Selain mempekerjakan orang, Rusli juga dapat membantu warga miskin dengan cara menukar sampah dari masyarakat sesuai dengan kebutuhannya seperti misalnya beras  atau dengan uang.

Usaha yang digeluti Andi Rusli ini sudah berjalan selama 1,5 tahun, dan sudah mampu mengirim sampah 50 ton perbulannya.

"sejauh ini kita sudah memiliki puluhan bank sampah yang terletak di desa-desa dan itu disahkan oleh dinas,"Tambahnya

Namun yang menjadi kendala untuk pengembangan usaha pengelolaan sampah ini belum adanya mesin pencacah sampah dan mobil pengangkut sampah, jadi dia mencoba melayangkan proposal ke pemerintah daerah namun sayangnya belum ada respon.

"proposal saya sudah satu bulan disana namun belum ada respon, tapi saya tidak putus asa saya mencoba cari pinjaman dari keluarga agar dapat membeli mesin,"lanjutnya

Kedepan dirinya tetap berharap agar pemerintah dapat membantu bisnis yang ia geluti ini, dengan harapan dapat membantu merealisasikan visi misi bupati bone yakni bone sehat, cerdas dan sejahtera. (ANG)

www.boneterkini.com

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.