Sonkok To Bone Ditetapkan Menjadi Warisan Tak Benda




BONETERKINI.COM,WATAMPONE-UNESCO (Badan PBB yang membidangi pendidikan dan kebudayaan) melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menetapkan Songkok To Bone (Kopiah Orang Bone) menjadi Warisan Tak Benda. 

Kepala Dinas Kebudayaan Bone, H Andi Promal Pawi yang ikut serta dalam kegiatan tersebut saat di konfirmasi mengungkapkan penyerahan sertifikat warisan budaya tersebut akan digelar di Gedung Kesenian Jakarta (GKJ) pada Rabu (10/10/2018).

"Bupati Bone yang rencananya akan menerima sertifikat yang di serahkan lansung oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Prof. Dr. Muhajir Effendy, M.A.P. 

Selain untuk tahun itu kami dari Dinas Kebudayaan juga mendaftarkan Mattompang Arajang,  serta Sirawu Sulo ri Pongka ungkap Promal Pawi.

Lebih Lanjut Promal menuturkan bahwa, Sonkok to Bone adalah Karya budaya kerajinan tradisional yang merupakan inventaris dan pelestarian seni budaya. Sehingga, tidak ada lagi klaim sepihak atas seni budaya asli Indonesia khususnya Kab Bone.

Untuk tahun ini di Sulsel, ada delapan Kabupaten lainnya yang menyumbang warisan budaya tak benda,Kabupaten GOWA, Bulukumba, Kepulauan Selayar, Sinjai, Wajo, Soppeng,Toraja Utara, Luwu Timur, serta Luwu Utara.(AMT)

BONETERKINI.COM

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.