Monitoring Dan Evaluasi Anggaran, KPPN Bantaeng Menggelar Sosialisasi

Monitoring Dan Evaluasi Anggaran, KPPN Bantaeng Menggelar Sosialisasi

Jumat, 10 September 2021,

BONETERIKINI.COM- KPPN Bantaeng menggelar sosialisasi Monev Anggaran dan Evaluasi Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA) tahun 2021.

Dalam rangka mengejar realisasi belanja yang dananya bersumber dari APBN, sosialisasi digelar di Aula KPPN Bantaeng pada tanggal 07-09 September 2021.

Acara digelar dengan menggunakan protokol kesehatan yang ketat, yakni hanya mengundang 20 orang dari 20 satker dalam satu hari. 


Sosialisasi ini menitikberatkan pada Monitoring dan Evaluasi Anggaran pada Satker dan Evaluasi IKPA sampai dengan Triwulan III.

Sosialisasi dibuka dengan sambutan dan paparan singkat dari Kepala KPPN Bantaeng, Poerfika Agus Bachtiar mengenai 13 Indikator IKPA yang apabila dikerucutkan menjadi 4 poin yakni Kesesuaian terhadap perencanaan, Efektivitas Pelaksanaan Anggaran, Efektivitas Pelaksanaan Anggaran, Efisiensi Pelaksanaan Anggaran, dan Kepatuhan Terhadap Regulasi. 

Pada Tahun ini, Bobot Nilai IKPA paling tinggi berada di Indikator Efektivitas Pelaksanaan Anggaran, yakni Capaian Output. Hal ini menunjukkan bahwa Pemerintah berharap apabila capaian output optimal, maka kinerja anggaran pun akan maksimal.



Materi diilanjutkan dengan penyampaian realisasi anggaran Triwulan III yang dibawakan oleh Fungsional Pembina Teknis Perbendaharaan Negara, Mukhlis dan Imam Budiman.  

Sampai dengan Bulan Agustus Tahun 2021, realisasi dana APBN oleh KPPN Bantaeng sebesar 664,8 milyar atau 52,67% dari total pagu sebesar 1,2 triliun. Angka ini berasal dari realisasi belanja pemerintah pusat yang berjumlah 407,2 milyar dari total pagu 567,1 milyar. 

Sementara itu, realisasi belanja transfer ke daerah mencapai 257,6 milyar atau 37,06% dari total pagu yang berjumlah 695,1 milyar. Pada bulan September ini, secara keseluruhan hanya ada satu Satker yang realisasinya dibawah 50% di wilayah kerja KPPN Bantaeng. 

Kedepannya, KPPN Bantaeng berharap kepada Satker dan Pemda Mitra Kerja KPPN Bantaeng untuk dapat melakukan percepatan realisasi belanja pada dana yang bersumber dari APBN 2021. Mengingat dana APBN Tahun 2021 diprioritaskan untuk penanganan Pandemi COVID-19 dan program Pemulihan Ekonomi Nasional.(editor:imma)

TerPopuler