Bone Jadi Daerah Penyuplai Tertinggi Di Sul-Sel, Kalahkan Sidrap

Bone Jadi Daerah Penyuplai Tertinggi Di Sul-Sel, Kalahkan Sidrap

Jumat, 13 Januari 2023,

BONETERKINI.COM--Kabupaten Bone adalah produsen beras tertinggi di Sulawesi Selatan. 

Kabupaten Bone memiliki luas panen padi 169.471,29 hektar. Produksi padinya sebesar 772.874 ton GKG atau produksi berasnya sebesar 443.398 ton mengalahkan kabupaten Sidrap.

"Kami akan terus berupaya mempertahankan predikat ini sebagai lumbung padi di provinsi Sulsel Predikat tersebut mesti tetap dimiliki Kabupaten Bone" Kata Andi Asman Sulaeman, Kadis Tanaman Pangan, Holtikuktura dan Perkebunan (TPHP) . 
     
Menurut Andi Asman, Berdasarkan data dari luas lahan tanam padi di bone yang sangat luas dan masih sangat memungkinkan untuk bisa terus menambah suplai beras Nasional. 
     
Bahkan saat ini Aan Sulaeman melakukan pemantauan untuk peningkatan produksi padi di kabupaten Bone untuk mempetakan lahan basah dan kering di kabupaten Bone.

"Insya Allah dengan luas lahan kita yang cukup dan masih luas ini masih sangat memungkinkan untuk jauh lebih banyak memproduksi pangan apalagi kita ditunjang dengan program IP 400" Jelasnya. 
     
Selanjutnya, guna menunjang serta mendukung terwujudnya Kabupaten Bone tetap sebagai penyuplai beras terbesar se-sulsel dan ke tujuh Nasional, ia mengharapkan dukungan pemerintah pusat maupun Pemerintah Provinsi sulsel melalui dana APBN maupun APBD Provinsi Bone berupa bantuan sarana produksi pertanian dan benih unggul. 
     
Sementara itu, menanggapi terkait permainan pupuk dan mahalnya pupuk subsidi, Andi Asman Sulaeman pastikan akan menindak tegas  pengecer yang mempermainkan harga pupuk bersubsidi. 

"Yang pastinya saya tegaskan kepada seluruh pengecer pupuk di kabupaten Bone untuk tidak mempermainkan harga pupuk subsidi dan jika memang saya temukan ada agen atau pengecer pupuk yang menjual pupuk diatas HET saya pastikan akan mencabut ijinnya " Tegas Asman Saeman.(*) 


TerPopuler