Antisipasi Angin Kencang, BPBD Bone Pangkas Pohon Rawan Tumbang

Antisipasi Angin Kencang, BPBD Bone Pangkas Pohon Rawan Tumbang

Kamis, 02 Maret 2023,

BONETERKINI.COM - Sebagai bentuk antisipasi akibat adanya angin kencang akibat cuaca ekstrem, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bone melakukan pemangkasan ranting pohon rawan tumbang di beberapa titik jalan di kota watampone, Senin (2/03/2023).

Kegiatan yang dilakukan bersama dengan Satuan Polisi Pamong Praja (SatpolPP) Kabupaten Bone ini melibatkan beberapa orang personil. Pemangkasan dilakukan terhadap ranting pohon yang menjorok ke jalan dan yang mengenai kabel.

Kordinator lapangan BPBD Bone, Nasruddin mengatakan memasuki musim kemarau umumnya di Kabupaten Bone anginnya bertiup sangat kencang. Ini tentunya menimbulkan kekhawatiran akan adanya pohon tumbang, terutama di sepanjang jalan dibeberapa titik dalam kota Watampone.

“Oleh karena itu, BPBD Kabupaten Bone mengambil langkah untuk melakukan pemangkasan ranting pohon yang rawan tumbang. Sebab hal itu sangat membahayakan bagi penggun jalan yang sedang melintas,” katanya.


Nasruddin menjelaskan tidak semua pohon di sepanjang ruas jalan dibeberapa titik yang dilakukan pemangkasan. Hanya pohon yang rantingnya menjorok ke jalan saja yang dilakukan pemangkasan.

“Upaya ini kami lakukan agar supaya tidak membahayakan masyarakat pengguna jalan maupun masyarakat sekitar. Karena keselamatan para pengguna jalan harus tetap diutamakan,” jelasnya.

Sebelum pemangkasan ranting pohon dilakukan terang Nasruddin, BPBD terlebih dahulu melakukan survey terhadap pohon-pohon yang rawan tumbang di jalan Kabupaten Bone

“Pemangkasan ranting pohon rawan tumbang ini dilakukan secara rutin, terutama menjelang datangnya musim kemarau dan angin kencang sehingga keselamatan pengguna jalan terjaga,” tegasnya.

Pewarta : esar
Editor : Irmawati

TerPopuler