DLH Bone Bersama ICRAF Gelar Konsultasi publik

DLH Bone Bersama ICRAF Gelar Konsultasi publik

Kamis, 21 September 2023,



BONETERKINI.COM--Dinas Lingkungan Hidup  Kabupaten Bone gelar Konsultasi Publik. Acara tersebut didukung oleh World Agroforestry (ICRAF) melalui proyek Sustainable Landscapes for Climate Resilient Livelihoods in Indonesia (Land4Lives).

Acara  yang didanai oleh Global Affair Canada digelar di Hotel nofena, Senin 18 September 2023 itu dimaksudkan untuk penyusunan Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kabupaten Bone 2025 – 2045.

Konsultasi publik pertama ini melibatkan berbagai OPD dilingkup Kabupaten Bone, universitas, LSM/NGO, Tim Penyusunan Dokumen KLHS RPJPD Kabupaten Bone, Tim Penyusun RPJPD Kabupaten Bone, Lembaga/Badan Pusat Statistik, serta Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Sulawesi Selatan.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bone, Dray Vibrianto SIP, MSi,  menegaskan bahwa KLHS merupakan instrumen penting dalam pembangunan berkelanjutan. Hal ini akan digunakan sebagai panduan dalam penyusunan RPJPD untuk itulah pentingnya masukan dari stakeholder dan masyarakat untuk menjaga keberlanjutan lingkungan. UU Lingkungan Hidup mengharuskan KLHS sebagai bentuk evaluasi Rencana Pembangunan yang harus disusun secara partisipatif oleh pemerintah dan masyarakat, serta harus mempertimbangkan perubahan iklim.

Sementara Feri Johana, Green Growth Planning and Policy Specialist ICRAF, menegaskan bahwa proyek Land4Lives berperan dalam proses penyusunan KLHS RPJPD Kabupaten Bone. Hal ini dilakukan karena sejalan dengan tujuan proyek tersebut. KLHS penting dalam mengatasi isu-isu seperti ekonomi hijau, perubahan iklim, ketahanan pangan, perempuan, dan anak-anak perempuan. Selama dua tahun terakhir, proyek Land4Lives telah bermitra dengan pemerintah Kabupaten Bone untuk mempromosikan solusi berbasis alam dalam pertanian, pengelolaan lahan, dan pengelolaan sumber daya yang berkelanjutan.(*) 

TerPopuler