YESS Menjadi Andalan Petani Milenial

YESS Menjadi Andalan Petani Milenial

Jumat, 15 September 2023,


BONETERKINI.COM--YESS, atau yang lebih dikenal dengan Youth Entrepreneurship and Employment Support Services, menjadi proyek percontohan pengembangan gererasi muda dan regenerasi petani di perdesaan.

Proyek ini telah menjadi andalan bagi generasi muda untuk mengembangkan diri, karena YESS merupakan program yang menyediakan fasilitas dan bimbingan kepada generasi muda (laki-laki dan perempuan) di perdesaan untuk menjadi wirausahawan atau tenaga kerja yang profesional di sektor pertanian.

Perencanaan dan pelaksanaan kegiatan YESS akan melibatkan berbagai institusi pemerintah, pelaku usaha, dan lembaga sosial masyarakat terkait, mulai dari tingkat pusat, provinsi dan kabupaten, bahkan sampai kecamatan dan desa.

Untuk di Kabupaten Bone, Dinas Tanaman Pangan ,Holtikultura dan Perkebunan ( TPHP) bekerja sama dengan Polbantang Gowa melaksanakan  Waokshop Development and Network For Milenial young Farmer Program YESS dalam mewujudkan ekonomi desa Mandiri.

Program ini melibatkan para pendamping desa dan BUMDES , karena bertujuan untuk lebih meningkatkan daya minat generasi muda seperti harapan   Kementerian Pertanian mengajak generasi milenial untuk terjun ke sektor pertanian.

Kadis TPHP ,Bone , HA.Asman Sulaeman mengatakan bahwa Workshop tersebut dihadiri oleh, seluruh Pendamping desa di 27 kecamatan, Koordinator BPP serta para Penerima Hibah Program YESS.

Ini dimaksudkan, dengan keterlibatan
Dalam acara ini di Pendamping Desa tentu juga akan terwujud kerjasama dalam pendampingan kegiatan Bundes.

Kalau ini terlaksana dengan baik, maka melalui Program YESS, kemajuan ekonomi mandiri Desa bakal terwujud, tegas adik mantan Menteri Pertanian RI Andi Amran Sulaiman.(*) 

TerPopuler