Pers Mahasiswa Bentuk Karakter Diri

Pers Mahasiswa Bentuk Karakter Diri

Jumat, 10 Februari 2023,

BONETERKINI.COM--Memperingati Hari Pers Nasional 9 Februari 2023,  Lembaga Penyiaran Publik Lokal Radio SBB menggelar Dialog terkait Pers Mahasiswa di Coffeelya di Jalan Kalimantan, Kamis 9/02/2023.

Dialog yang dirangkaikan dengan Bazar tersebut menampilkan pembicara, Eka Handayani Ketua Wartawan Independen Bone, Agung Pramono Jurnalis detik.com, Husain mantan Jurnalis Harian Tribun Timur, Bahtiar Parenrengi kontributor Metro TV dan dipandu oleh Zainal Kepala Stasiun Radio SBB.

Selain dihadiri puluhan mahasiswa, acara ini juga dihadiri sejumlah dosen, wartawan dan pelaku media sosial. Sehingga membuat acara ini nampak seru karena selain membicarakan materi terkait dengan peran Pers Kampus, bagaimana mendirikan lembaga pers juga diselingi tantangan dari pemateri. Peserta nampak tertantang untuk menjawab dan para mahasiswa pun diberi voucher dari Heroes Karaoke serta hadiah lainnya.

"Ini wujud perhatian kami untuk menumbuhkan minat mahasiswa menjadi jurnalis. Mereka punya potensi untuk berkembang dan mampu meniti karier dan membentuk karakternya", ungkap Zainal.

Menurutnya, dengan Pers Mahasiswa menjadi sarana dalam pembinaan karakter berupa jiwa kritis terhadap lingkungan akademik dan lingkungan sosial serta menanamkan idealisme kepada mahasiswa sebagai Agen of change.

"Pers mahasiswa menjadi sarana menjadikan mahasiswa yg berkarakter dan terpelajar dalam negara demokrasi ini" tegasnya.

Sementara Agung Pramono dari media online detik.com dengan gamblang menjelaskan bagaimana peran peran pers mahasiswa dalam mengawal kebijakan kampus dan lingkungan masyarakat. Agung memastikan untuk wadah pers merupakan wadah untuk membentuk mental mahasiswa.

"Bangun dulu wadahnya, karakter mahasiswa akan terbangun saat menjalankan peran pers mahasiswa. Silahkan berbuat dulu, dibelakang fikir resikonya" ungkap Agung.

Kegiatan dialog yang dikemas santai tersebut, ketua WIB Eka Handayani banyak memotivasi mahasiswa bagaimana menjadi mahasiswa yang berkualitas dan bermanfaat dengan peran lembaga pers.(*) 

TerPopuler